PENGARUH LAYANAN PERBANKAN DIGITAL (DIGITAL BANKING) PADA KEPUASAN NASABAH PERBANKAN

 

PENGARUH LAYANAN PERBANKAN DIGITAL (DIGITAL BANKING)

PADA KEPUASAN NASABAH PERBANKAN

 

Akses Layanan Perbankan Digital (Digital Banking) merupakan suatu inovasi di perbankan dalam pelayanan cepat yang dapat diakses kapan dan dimana saja kepada nasabah. Layanan perbankan digital ini dapat mempermudah nasabah dalam pembukaan buku rekening ransaksi perbankan, komunikasi, registrasi, dan penutupan rekening. Terkait dengan hal ini kualitas layanan digital banking ini berpengaruh dalam kepuasan nasabah perbankan. Bank digital berkembang bersama dunia fintech. Salah satu akarnya adalah mesin anjungan tunai (ATM). Kata dari Securities, mesin ini muncul pada 1960-an. Untuk pertama kalinya, seorang nasabah tak perlu ke bank untuk mengakses rekeningnya dan Kemunculan internet juga mengubah dunia perbankan. Akan tetapi, pada awalnya, dunia digital ini hanya digunakan di balik layar bank. Jaringan ini baru ditawarkan ke depan nasabah pada tahun 1990-an. Saat itu, transaksi bank seperti transfer dana bisa dilakukan secara online. Pelan dan bertahap sampai akhirnya dunia digital terus berkembang. Penggunaan smartphone juga makin marak. Akhirnya, bank pun semakin banyak layanan transaksi secara online. Dengan adanya layanan perbankan Digital Banking secara online ini, nasabah bank dapat melakukan sebagian besar transaksi mereka secara online dan layanan 24 jam sehari tanpa harus mendatangi kantor bank untuk transaksi personal. Demikian hal itu transaksi online sangat bermanfaat bagi nasabah yang tinggal di wilayah perkotaan dengan fasilitas internet yang sangat memadai dan mempermudah dalam bertransaksi. Namun bagi nasabah yang tidak mendapatkan fasilitas internet, hal tersebut tetap tidak bermanfaat. Hal ini menyebabkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait transaksi melalui layanan digital bangking masih kurang diketahui masyarakat. Banyak manfaat yang ditawarkan bank kepada mereka melalui pelayanan online, namun layanan digital bangking juga telah mengangkat banyak berbagi masalah keamanan. Seperti hal nya Timbul aksi kejahatan online seperti pembobolan dalam transaksi finansial perbankan, yang dapat membuat masyarakat menjadi ragu untuk melakukan transaksi secara online. Masalah-masalah keamanan ini sering menghambat para masyarakat untuk menggunakannya, karena banyak nasabah telah menemukan bahwa menggunakan layanan digital banking yang dapat membuat uang mereka dan aset berharga lainnya rentan terhadap risiko seperti hal itu. Apabila faktor tersebut tidak dipertimbangkan, maka kesejahteraan nasabah lah yang dipertaruhkan, yang mengakibatkan kualitas layanan yang diberikan menurun dan berdampak pada kepercayaan nasabah. Ketika suatu bank mampu memberikan keamanan bagi nasabahnya maka kepercayaan akan diperoleh dari nasabah tersebut, maka dalam hal ini kepercayaan nasabah sangat di perlukan bagi bank. Dengan Kepercayaan nasabah terhadap suatu layanan,khususnya digital bangking yang akan menentukan nasabah untuk melakukan atau bertransaksi kembali menggunakan akses layanan perbankan secara online.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat Datang Di Blogspot HMJ S1 Perbankan Syariah

UPGRADING & RAKER HMJ S1 PERBANKAN SYARIAH 2025

DISKUSI KABEL PINTAR VOL 2