PENGARUH LAYANAN PERBANKAN DIGITAL (DIGITAL BANKING) PADA KEPUASAN NASABAH PERBANKAN
PENGARUH LAYANAN
PERBANKAN DIGITAL (DIGITAL BANKING)
PADA KEPUASAN NASABAH
PERBANKAN
Akses
Layanan Perbankan Digital (Digital Banking) merupakan suatu inovasi di
perbankan dalam pelayanan cepat yang dapat diakses kapan dan dimana saja kepada
nasabah. Layanan perbankan digital ini dapat mempermudah nasabah dalam
pembukaan buku rekening ransaksi perbankan, komunikasi, registrasi, dan
penutupan rekening. Terkait dengan hal ini kualitas layanan digital banking ini
berpengaruh dalam kepuasan nasabah perbankan. Bank
digital berkembang bersama dunia fintech.
Salah satu akarnya adalah mesin anjungan tunai (ATM). Kata dari Securities, mesin ini muncul pada 1960-an.
Untuk pertama kalinya, seorang nasabah tak perlu ke bank untuk mengakses
rekeningnya dan Kemunculan internet juga mengubah dunia perbankan. Akan tetapi,
pada awalnya, dunia digital ini hanya digunakan di balik layar bank. Jaringan
ini baru ditawarkan ke depan nasabah pada tahun 1990-an. Saat itu, transaksi
bank seperti transfer dana bisa dilakukan secara online. Pelan dan
bertahap sampai akhirnya dunia digital terus berkembang. Penggunaan smartphone juga
makin marak. Akhirnya, bank pun semakin banyak layanan transaksi secara online.
Dengan adanya layanan perbankan Digital Banking secara online ini,
nasabah bank dapat melakukan sebagian besar transaksi mereka secara online dan
layanan 24 jam sehari tanpa harus mendatangi kantor bank untuk transaksi
personal. Demikian hal itu transaksi online sangat bermanfaat bagi nasabah yang
tinggal di wilayah perkotaan dengan fasilitas internet yang sangat memadai dan
mempermudah dalam bertransaksi. Namun bagi nasabah yang tidak mendapatkan
fasilitas internet, hal tersebut tetap tidak bermanfaat. Hal ini menyebabkan
pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait transaksi melalui layanan digital
bangking masih kurang diketahui masyarakat. Banyak manfaat yang ditawarkan bank
kepada mereka melalui pelayanan online, namun layanan digital bangking juga
telah mengangkat banyak berbagi masalah keamanan. Seperti hal nya Timbul aksi
kejahatan online seperti pembobolan dalam transaksi finansial perbankan, yang
dapat membuat masyarakat menjadi ragu untuk melakukan transaksi secara online.
Masalah-masalah keamanan ini sering menghambat para masyarakat untuk
menggunakannya, karena banyak nasabah telah menemukan bahwa menggunakan layanan
digital banking yang dapat membuat uang mereka dan aset berharga lainnya rentan
terhadap risiko seperti hal itu. Apabila faktor tersebut tidak dipertimbangkan,
maka kesejahteraan nasabah lah yang dipertaruhkan, yang mengakibatkan kualitas layanan
yang diberikan menurun dan berdampak pada kepercayaan nasabah. Ketika suatu
bank mampu memberikan keamanan bagi nasabahnya maka kepercayaan akan diperoleh
dari nasabah tersebut, maka dalam hal ini kepercayaan nasabah sangat di
perlukan bagi bank. Dengan Kepercayaan nasabah terhadap suatu layanan,khususnya
digital bangking yang akan menentukan nasabah untuk melakukan atau bertransaksi
kembali menggunakan akses layanan perbankan secara online.
Komentar
Posting Komentar